Menjelajahi Pasar Rokok Elektronik : Mengidentifikasi Karakteristik Pemasaran Penjualan E-Cigarette di Internet
Rokok elektronik (e-cigarette) hampir tidak diketahui sepuluh tahun yang lalu, namun kini berkembang pesat di berbagai negara (Ayers et al., 2011). Produk konsumen elektronik baru ini, yang pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 2007, mengubah nikotin cair terkonsentrasi (e-liquid) menjadi uap, yang kemudian dihirup oleh penggunanya. Meningkatnya popularitas rokok elektronik ini dapat diukur dengan penjualannya yang meningkat di negara-negara seperti Amerika Serikat. Penelitian dilakukan oleh mahasiswa dari University of California dan menghasilkan paper berjudul "Exploring the E-Cigarette E-Commerce Marketplace : Identifying Internet E-Cigarette Marketing Characteristics and Regulatory Gaps" bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik penjual e-cigarette di internet yang unik, termasuk lokasi geografis, strategi promosi, penggunaan jaringan sosial, keberadaan umur verifikasi, dan representasi peringatan konsumen.
Vendor internet E-cigarette secara aktif menggunakan layanan jejaring sosial (social network services / SNS) dengan menempatkan tautan ke konten promosi terkait media sosial di situs web vendor mereka dan mengeposkan konten multimedia di platform SNS (misalnya, penawaran promosi penjualan, ulasan produk, video / gambar yang secara positif menggambarkan vaping sebagai bagian dari gaya hidup). Kebanyakan dari vendor rokok elektronik online ini mulai aktif beroperasi pada lima tahun terakhir dan dimiliki oleh wiraswasta.
Tingginya kehadiran usaha kecil menunjukkan bahwa industri ini mungkin menarik bagi pengusaha karena biaya operasional yang lebih rendah dari pada ritel (tidak ada biaya sewa etalase, pegawai penjualan minimal), kesempatan untuk mark-up yang tinggi, kemudahan "memulai "Online, dan fakta bahwa produk tersebut bukan subjek, di kebanyakan negara bagian, sampai pajak cukai (Gourdet et al., 2014; Klein, 2013).
Click here to read the full paper!
Komentar
Posting Komentar